Contoh Program Java Gui:
Keterangan:
class GUI extends JFrame {// kelas GUI merupakan turunan dari JFrame
JLabel LNim = new JLabel("NIM :");//membuat & memanggil JLabel baru dengan objek LNim
final JTextField FNim= new JTextField(50);
// merupakan modifier yg berbentuk konstanta untuk membuat & memanggil JTextfield baru dengan nama objek FNim
JLabel LNama = new JLabel("Nama :");//membuat & memanggil JLabel baru dengan objek LNama
final JTextField FNama= new JTextField(50);// merupakan modifier yg berbentuk konstanta untuk membuat & memanggil
JTextfield baru dengan nama objek FNama
JButton BTnOK= new JButton("OK");//membuat & memanggil JButton baru dengan objek BTnOK
JButton BTnCancel= new JButton("Cancel");//membuat & memanggil JButton baru dengan objek BTnCancel
public GUI() {
setTitle("Belson Damanik Coba");// mengatur & membuat judul pada frame Belson Damanik Coba
setDefaultCloseOperation(3);
setSize(400,200);//mengatur ukuran pada tampilan frame dengan lebar 400 dan panjang 200
setLayout(null);//Mengatur tampilan pada frame
add(LNim);//menambah objek LNim pada frame
add(FNim);//menambah objek FNim pada frame
add(LNama );//menambah objek LNama pada frame
add(FNama);//menambah objek FNama pada frame
add(BTnOK);//menambah objek BTnOK pada frame
add(BTnCancel);//menambah objek BTnCancel pada frame
LNim.setBounds(10,10,100,20);//mengatur bentuk bondaries objek LNim dengan ukuran (10,10,120,20)
FNim.setBounds(100,10,100,20);//mengatur bentuk bondaries objek FNim dengan ukuran (100,10,100,20)
LNama.setBounds(10,35,120,20);//mengatur bentuk bondaries objek LNama dengan ukuran (10,35,120,20)
FNama.setBounds(100,40,100,20);//mengatur bentuk bondaries objek FNama dengan ukuran 100,40,100,20)
BTnCancel.setBounds(100,130,120,20);//mengatur bentuk bondaries objek BTnkeluar dengan ukuran (100,130,120,20)
BTnOK.setBounds(200,130,90,20);//mengatur bentuk bondaries objek BTnOK dengan ukuran (200,130,90,20)
setVisible(true);//mengatur tampilan frame dalam keadaan aktif atau true
}
}
class ObGUI {//merupakan nama kelas yaitu ObGUI
public static void main(String[] arqs) {//Fungsi Utama yang harus ada di class utama
GUI G=new GUI();//membuat objek dengan nama G dari GUI
}
}
Setelah anda mengetikkan kode program tersebut diatas maka simpan program sesuai dengan class kemudian jalankan program tersebut.
hasil program
Semoga berhasil.......
Tidak ada komentar:
Posting Komentar