OPEN SOURCE

Minggu, 04 Desember 2011

JAVA GUI

Contoh Program Java Gui:

















Keterangan:

class GUI extends JFrame {// kelas GUI merupakan turunan dari JFrame
    JLabel LNim = new JLabel("NIM    :");//membuat & memanggil JLabel baru dengan objek LNim
    final JTextField FNim= new JTextField(50);
    // merupakan modifier yg berbentuk konstanta untuk membuat & memanggil JTextfield baru dengan nama objek FNim
    JLabel LNama = new JLabel("Nama :");//membuat & memanggil JLabel baru dengan objek LNama
    final JTextField FNama= new JTextField(50);// merupakan modifier yg berbentuk konstanta untuk membuat & memanggil
                            JTextfield baru dengan nama objek FNama
    JButton BTnOK= new JButton("OK");//membuat & memanggil JButton baru dengan objek BTnOK
    JButton BTnCancel= new JButton("Cancel");//membuat & memanggil JButton baru dengan objek BTnCancel
    public GUI() {
            setTitle("Belson Damanik Coba");// mengatur & membuat judul pada frame Belson Damanik Coba
            setDefaultCloseOperation(3);
            setSize(400,200);//mengatur ukuran pada tampilan frame dengan lebar 400 dan panjang 200

            setLayout(null);//Mengatur tampilan pada frame
            add(LNim);//menambah objek LNim pada frame
            add(FNim);//menambah objek FNim pada frame
            add(LNama );//menambah objek LNama pada frame
            add(FNama);//menambah objek FNama pada frame
            add(BTnOK);//menambah objek BTnOK pada frame
            add(BTnCancel);//menambah objek BTnCancel pada frame

            LNim.setBounds(10,10,100,20);//mengatur bentuk bondaries objek LNim dengan ukuran (10,10,120,20)
            FNim.setBounds(100,10,100,20);//mengatur bentuk bondaries objek FNim dengan ukuran (100,10,100,20)
            LNama.setBounds(10,35,120,20);//mengatur bentuk bondaries objek LNama dengan ukuran (10,35,120,20)
            FNama.setBounds(100,40,100,20);//mengatur bentuk bondaries objek FNama dengan ukuran 100,40,100,20)

           BTnCancel.setBounds(100,130,120,20);//mengatur bentuk bondaries objek BTnkeluar dengan ukuran (100,130,120,20)
            BTnOK.setBounds(200,130,90,20);//mengatur bentuk bondaries objek BTnOK dengan ukuran (200,130,90,20)
            setVisible(true);//mengatur tampilan frame dalam keadaan aktif atau true

    }
}

class ObGUI {//merupakan nama kelas yaitu ObGUI
        public static void main(String[] arqs) {//Fungsi Utama yang harus ada di class utama
                GUI G=new GUI();//membuat objek dengan nama G dari GUI
            }
    }




Setelah anda mengetikkan kode program tersebut diatas maka simpan program sesuai dengan class kemudian jalankan program tersebut.

hasil program











Semoga berhasil.......


Tidak ada komentar:

Posting Komentar